BPSDM PUPR Melaksanakan Monitoring Magister Superspesialis dengan UGM

Sekretaris BPSDM, Herman Suroyo.

Patroli Indonesia, Jakarta – Seperti yang sudah kita ketahui Program Magister Super Spesialis merupakan salah satu upaya Kementerian PUPR dalam peningkatan kompetensi ASN generasi muda khususnya penguasaan keahlian teknis terapan pada pembangunan infrastruktur. Program ini telah dimulai sejak September 2020 diikuti tidak hanya oleh ASN PUPR tetapi juga BUMN Karya.

Dalam rangka memantau penyelenggaraan magister super spesialis yang merupakan program rintisan sesuai dengan kebutuhan Kementerian PUPR, maka BPSDM melakukan Monitoring dan Evaluasi Karyasiswa Beasiswa Magister Super Spesialis dengan tujuan untuk melihat kualitas pelaksanaan kerja sama oleh PTN mitra dan perkembangan para karyasiswa yang menjalani studi.

Muat Lebih

Melalui Monitoring dan Evaluasi Karyasiswa dapat melihat kualitas serta meningkatkan pelaksanaan kerja sama oleh PTN mitra dan perkembangan para karyasiswa yang menjalani studi pada program Beasiswa Magister Super Spesialis Tahun 2020.

Dalam sambutan pengarahan di pembukaan kegiatan Monitoring dan Evaluasi Karyasiswa Beasiswa Magister Super Spesialis Tahun 2020 dengan Universitas Gajah Mada, Senin (19/7), Sekretaris BPSDM Herman Suroyo menjelaskan bahwa perlunya dilakukan monitoring dan evaluasi program kerja sama pendidikan di Kementerian PUPR, baik terhadap perkembangan studi karyasiswanya maupun terhadap kualitas kerja sama antara BPSDM dengan perguruan tinggi terkait.

“Monitoring dan evaluasi (Monev) dilakukan untuk meningkatkan mutu penyelenggaraan pendidikan kedinasan Kementerian PUPR. Dalam monev ini akan disampaikan monitoring dari aplikasi e-karyasiswa, serta akan ada tambahan informasi dari Pusbangkom. Monev angkatan pertama ini (tahun 2020) akan menjadi parameter di angkatan yang kedua,” ujar Herman.

“Pelaksanaan monitoring karyasiswa magister super spesialis dilakukan oleh BPSDM yang dibagi dalam periode setiap bulan, 3 bulan dan 6 bulan. Dengan menggunakan Metode Aplikasi e-karyasiswa setiap bulan, kuesioner 3 – 6 bulan, perwalian continue, workshop dan rapat 3- 6 bulan,” tambah Herman.

Pelaksanaan monitoring dan evaluasi Karyasiswa magister super spesialis ini dilakukan oleh Sekretariat Badan BPSDM yang juga melibatkan Pihak UGM, Pusat Pengembangan Kompetesi dan Unor, Serta BUMN.

Herman berharap agar pelaksanaan monitoring kerja sama pendidikan ke depannya dapat dilaksanakan dengan SOP (standar operational procedure) yang lebih jelas dan pelaksanaannya bisa lebih disiplin. BPSDM telah mengeluarkan SK Monitoring dan Evaluasi Karyasiswa, sehingga diharapkan tim monitoring baik dari Sekretariat Badan dan dari Pusat Pengembangan Kompetensi maupun PTN dapat melaksanakan tugas dengan lebih efektif.

Dalam kesempatan monev ini, Ketua Prodi Teknik Pengelolaan Bencana Alam UGM Adam Pamuji Rahardjo dan Ketua Program Studi Magister Teknik Geologi Doni Prakasa Eka Putra menyampaikan bahwa kegiatan yang telah selesai dilaksanakan dalam Semester II untuk 4 Prodi yang ada di UGM yakni kegiatan Program Studi Teknik Mitigasi Bencana Alam Likuifaksi, Teknik Pengelolaan dan Mitigasi Bencana Rawa, Geologi Struktur Bawah Tanah (Terowongan), dan Rekayasa Eksplorasi dan Eksploitasi Air Tanah Dalam, yakni kegiatan magang, penelitian dan publikasi.

Karyasiswa diantaranya telah melaksanakan Magang di BWS Kalimantan II, telah melaksanakan kunjungan lapangan/kuliah lapangan di Bayat pada tanggal 21 – 26 Juni 2021 dan karyasiswa sudah melakukan submit full paper ke konferensi ICSTD UGM dan ISCEE 2021.

Dalam rapat monitoring yang dilaksanakan melalui Zoom Meeting pada hari Senin, 19 Juli 2021 ini di lakukan pembahasan tentang Paparan Hasil Monev Karyasiswa (Setba dan Pusbangkom), Paparan Hasil Pelaksanaan Studi Semester II dan Evaluasi Pelaksanaan Magang (Prodi) serta Diskusi Kendala Studi Karyasiswa (BPSDM dan Prodi).

Kegiatan ini dipimpin oleh Sekretaris BPSDM dengan diikuti oleh 75 Peserta yang terdiri dari Perekayasa Utama Ari Setiadi Moerwanto, Pusbangkom, Unor, BUMN, Bagian Hukum, Kerjasama dan Komunikasi Publik (HKK) Sekretariat BPSDM dan dihadiri oleh seluruh karyasiswa dari 4 Prodi UGM. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan