Kalapas Kelas 1 Kota Tangerang Berkomitmen Memberikan pelayanan Terbaik Kepada Warga Binaan

  • Whatsapp
Facebooktwitterlinkedinrssyoutubeinstagrammailby feather

Patroliindonesia.com | Tangerang,  Banten – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 1 yang beralamat di Jl. Veteran No. 2, RT. 04 / RW. 04, Babakan, RT.005/RW.004, Babakan, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten 15118 merupakan Unit Pelaksana Teknis di bawah Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (dahulu Departemen Kehakiman).

Penghuni Lembaga Pemasyarakatan bisa Narapidana (Napi) atau Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) bisa juga yang statusnya masih tahanan, yang mana orang tersebut masih berada dalam proses peradilan dan belum ditentukan bersalah atau tidak nya oleh hakim.

Saat di konfirmasi oleh awak media yang sempat bertemu langsung dengan Kalapas, Victor Teguh Prihartono B.c.IP. S.sos. M.H yang menangani pembinaan narapidana dan tahanan dilapas tersebut. Rabu, (4/8/2021).

 

Kalapas Victor mengatakan, “Pada kegiatan apapun disini kami semua wajib prioritaskan Protokol kesehatan dan aturan-aturan dalam banyak hal terhadap warga binaan.”

Menurutnya pemasyarakatan berkembang bukan sebagai penjara lagi tapi sebagai wadah perubahan bagi para napi itu sendiri, dengan kapasitas 2.108 ( Dua Ribu Seratus Delapan) dengan pembinaan kerohanian dan sebagainya lapas kelas 1 juga memiliki 3 Dokter dan 5 orang team medis yang siap siaga 24 jam untuk memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik.

“Selain itu juga ada 23 (Dua Puluh Tiga) jenis Sarana Keterampilan kerja/Produksi untuk warga binaan yang di kelola lapas kelas 1 Kota Tangerang seperti produksi sendal hotel, bebek Packing, Budi daya ikan, tempe dan lainnya. Yang bertujuan agar warga binaan tetap aktif/produktif dan kondusif di masa pandemi ini.” Ujar Victor.

Lapas Kelas 1 Kota Tangerang juga selalu bersinergi dengan Dinas Dukcapil untuk pendataan warga binaan dan juga dari Dinas Kesehatan guna melakukan vaksinasi serta bersama pihak BNN diprogram Rehabilitasi Sosial bagi pengguna Narapidana.” Jelas Victor Menambahkan.

Dengan kepedulian kemanusiaan dan perhatian yang diterapkan oleh Kalapas Kelas 1 Kota Tangerang beserta jajaran pun mendapat antusias dari warga binaan.

Edukasi yang diterapkan di Lapasnya pun cukup mumpuni, karna berdasarkan aturan kerja dan kinerja disiplin Kalapas yang telah menjadi pengakuan pada perjalanan karier dan pengalamannya (track record), seperti :

– Sekolah Kedinasan (Penjas) di Salemba di tahun 1990

– Dari tahun 1990-2004 bertugas di Lapas Latampone Sulawesi Selatan Kab. Bone

– Dari tahun 2004-2006 bertugas di Lapas Kelas 2B Bulukumba sebagai Kepala Keamanan/Kepala Sub. Bidang

– Dari tahun 2006-2008 menjabat sebagai Kepala Rutan kelas 2B Banjarmasin

– Dari tahun 2008-2010 Menjabat sebagai KPLP Kelas 1 Makassar.

– Dari tahun 2010-2013 Sebagai Kalapas Kelas 1 Makassar

– Dari tahun 2013-2016 Pindah di kantor Pusat Jakarta, Direktorat jenderal Pemasyarakatan dengan jabatan Kepala Sub. Direktorat Data dan Informasi juga Kepala Sub. Teknologi dan Informasi.

– Dari tahun 2016-2020 menjabat sebagai Kalapas Narkotika di Lapas Kelas 2A Makassar.

– Dari tahun 2020 akhir bulan November bertugas di Kemenkumham Papua Sebagai Kepala Divisi Pemasyarakatan.

Yang mana pada akhir tahun 2020 tepatnya di bulan Desember Victor Teguh Prihartono bertugas sebagai Kalapas Kelas 1 Kota Tangerang yang di percaya/tugaskan untuk memberikan pelayanan yang terbaik terhadap warga binaannya.

Kami dari media Patroli Indonesia sangat mendukung penuh dan apa yang menjadi langkah/dedikasi beliau dalam memberikan pelayanan terbaik di Lapas Kelas 1 Kota Tangerang, baik secara sosial/kemanusiaan.

Dan diakhir wawancara dengan kami, Victor juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Kota Tangerang, Disdukcapil, Dinas Kesehatan, Kepolisian, BNN dan Kantor Kemenkumham Provinsi Banten yang telah mendukung penuh semua kegiatan Warga binaan yang ada di Lapas Kelas 1 Kota Tangerang.

(Andy Rae dan Tri Mulyani)

Facebooktwitterlinkedinmailby feather

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *