Menteri Suharso: Target Mencapai Pembangunan Infrastruktur

Patroliindonesia.com JAKARTA – Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional menghadiri Rapat Tingkat Menteri yang digelar secara virtual, Senin (14/6/2021).

Hal yang dibahas dalam pertemuan tersebut antara lain Reviu dan Upaya Pencapaian Sasaran Pembangunan Infrastruktur Ekonomi tahun 2020-2024.

Target pembangunan infratruktur tahun 2024 difokuskan pada penyediaan layanan dasar perumahan dan pemukiman, meningkatkan konektivitas wilayah dan menurunkan biaya logistik, penyediaan air baku berkelanjutan, penyediaan energi dan ketenagalistrikan.

Major Project untuk mencapai sasaran tersebut antara lain jalan tol trans Sumatera isu strategisnya adalah penyediaan lahan dan skema pendanaan untuk tahap selanjutnya.

Major Project kedua, kualitas jalan daerah, dengan isu strategis keberlanjutan dan perluasan program hibah jalan daerah dan dukungan APBN untuk daerah terdepan, terpencil dan tertinggal.

Major Project ketiga, angkutan umum massal perkotaan dengan isu strategis skema dukungan pendanaan melalui APBN dan kelembagaan pengelolaan transportasi perkotaan metropolitan.

Major Project keempat, jaringan pelabuhan utama, dengan isu strategis reformasi tarif berdasarkan prinsip cost recovery dan standarisasi pelabuhan yang meliputi kedalaman alur Pelabuhan Belawan, terminal peti kemas dan Kawasan Pelabuhan Kuala Tanjung, dan pelabuhan transhipment terpadu perikanan di Ambon Baru.

Major Project kelima, pembangkit listrik dengan isu strategis penuntasan penyediaan listrik, penyediaan energi baru terbarukan, skema pembiayaan, dan dukungan electric mobility.

Major Project keenam, waduk multiguna, dengan isu strategis penyelesaian 46 waduk prioritas dan integrasi dengan jaringan irigasi. Ketujuh, akses air minum perpipaan, isu strategisnya adalah tingginya idle capacity dan tarif PDAM yang tidak full cost recovery dan penguatan kelembagaan dan pembiayaan SPAM regional.

Major Project kedelapan, pengelolaan persampahan, dengan isu strategis pemilihan teknologi pengelolaan sampah yang tepat, serta kapasitas dan komitmen pemerintah daerah. Major Project kesembilan, penanganan pemukiman kumuh, dengan isu strategis penanganan pemukiman kumuh terpadu dan mixed used development. Major Project kesepuluh, satu juta rumah susun perkotaan, dengan isu strategis isu keberlanjutan secara finansial dan kualitas konstruksi perlu ditingkatkan.

Tim Komunikasi Publik
Kementerian PPN/Bappenas

Pos terkait

Tinggalkan Balasan