Tokoh Dan Prestasi: Drs.H.Opar Sohari.,M.pd Tingkatkan PAD Banten 2020 Dan Layanan Samsat SDC Serpong

  • Whatsapp
Facebooktwitterlinkedinrssyoutubeinstagrammailby feather

Patroliindonesia |Tangerang, Banten – Sudah sejak Dua Bulan lalu Bapenda Provinsi Banten membuka pelayanan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) di Mall Sumarecon Digital Centre (SDC) di Curug Sangereng Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang.

Kepala Badan Pendapatan Daerah di Kantor Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B) Drs.H.Opar Sohari.,M.pd mengatakan, sejak dibukanya layanan Samsat di Mall SDC Kelapa Dua ini, tentunya akan berdampak positif terhadap peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) Provinsi Banten dan Kabupaten Tangerang, karena sebelum dibuka, wilayah 10 Kecamatan di Kabupaten Tangerang masih menempel ke Samsat Cikokol dan Ciledug.

“Samsat Kelapa Dua ini telah menjadi salah satu prestasi dan pencapaian target di tahun 2020, khususnya untuk target peningkatan pelayanan diwilayah tangerang karna Samsat Kelapa Dua merupakan satu-satunya Samsat yang ada di Mall. Apalagi wilayah Kelapa Dua, Pagedangan, Cisauk, Curug, Legok, Sepatan, Kosambi, Pakuhaji, Teluknaga merupakan daerah padat penduduknya, seharusnya potensi PAD Kabupaten Tangerang akan terus bertambah, karena ada dana perimbangan 30 persen dari Samsat Kelapa Dua ini ke PAD Kabupaten Tangerang.” Terangnya.

Namun akibat dampak Covid-19 kemungkinan target pendapatan Pemprov Banten tahun anggaran 2020 ini diprediksi menjadi lesu. Target pendapatan diprediksi akan mengalami penyusutan senilai Rp.1,79 triliun.

Dalam kondisi normal pendapatan perhari dari kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) mencapai Rp.22 miliar, namun kini hanya Rp.6 miliar. Meskipun sekarang pengurusan pajak kendaraan bisa online, tapi belum dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat,” ujarnya akhir pekan lalu.

Foto: KA.Bapenda Prov.Banten dan Pemred Patroli Indonesia

Sebelumnya Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Banten selalu melampui target realisasi pajak untuk kas Pendapatan Asli Daerah (PAD) seperti ditahun 2018 Bapenda telah berpendapatan lebih dari target, kemudian berhasil membidik dan menghasilkan pendapatan sesuai target serupa lagi di tahun 2019.

Menurutnya, PAD yang disumbang Bapenda memang lebih banyak dipungut dari sektor pajak kendaraan bermotor (PKB). Maka untuk terus membuat peningkatan pendapatan pajak di 2020 salah satu upayanya untuk terus meningkatkan pelayanan di semua gerai-gerai baru dalam aturan ‘New Normal’ dan pihaknya akan lebih intensif lagi, membuat sejumlah langkah dan inovasi agar tetap bisa membuat pencapaian target 2020.

Berkat prestasi dan kinerja Drs.H.Opar Sohari.,M.pd kini berbagai alternatif untuk pelayanan pajak kendaraan di unit-unit gerai dan layanan kantor Samsat dibeberapa wilayah, Tetap akan dapat meningkatkan PAD Provinsi Banten pada target 2020 ini, khususnya dari layanan samsat di SDC Kelapa Dua Tangerang.

“Dan kami himbau agar masyarakat wajib pajak untuk tetap melaksanakan kewajiban dan ketaatan pajaknya dengan memanfaatkan layanan kami di gerai-gerai dan Kantor Samsat yang sudah ‘New Normal’ ataupun melalui layanan online Samsat kami,” tutup Opar. (A/S)

Facebooktwitterlinkedinmailby feather

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *